Karakteristik Ternak Potong/Daging


Freddy Pattiselanno (Mengajar Mata Kuliah Ilmu Tilik Ternak di Fakultas Peternakan Perikanan & Ilmu Kelautan – UNIPA)

Kriteria tipe ternak potong/daging sebenarnya yaitu kemampuan memproduksi daging cepat dan efisien dalam pemeliharaan serta ekonomis tinggi.  Pada ternak potong/daging ini pertumbuhan cepat dan pembentukan karkas baik dengan komposisi perbandingan dimulai dari protein dan lemak seimbang hingga umur tertentu, sedangkan sesudah umur tersebut maka pembentukan lemak yang cepat.

Bentuk fisik tipe ternak potong harus seperti kotak atau bulat, terutama pada bagian lingkar dada.  Sering juga tipe ternak potong dikenal dengan bentuk silinder/ blocky (Gambar 1).

Bagian tubuh ternak yang ditilik untuk menilai konformasi karkas dari ternak tersebut adalah bagian pundak (lebar pundak), pinggang, kepala, ekor dan rusuk.  Untuk memudahkan kita dalam menilik, pertama kali yang harus diketahui adalah nama dari berbagai bagian tubuh dan letaknya pada tubuh ternak seperti ditunjukan pada Gambar 2.  Ini diperlukan supaya ketika menilik, kita akan tahu bagian mana yang akan dilihat dan memberitahukan hasil dari penilaian kita kepada orang lain.

Satu hal yang tidak kalah penting yaitu pengenalan akan nama potongan daging yang sering dijual secara komersial serta letaknya pada tubuh ternak.  Ini sangat penting karena ada bagian tertentu yang mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan bagian yang lain.  Secara visual, bagian tubuh (daging) dengan nilai yang tinggi terdiri atas (1) loin,(2) rib dan (3) rump.  Sedangkan potongan daging yang mempunyai nilai lebih rendah adalah (5) chuck / bahu, (6) plate / dada belakang, (7) flank, (8) brisket / dada depan dan (9) shank / paha (Lihat Gambar 3). Jenis daging dan bentuk pemanfaatannya dapat dilihat pada gambar peta daging, dan ini akan sangat membantu terutama bagi mereka yang gemar memasak dan menggunakan daging sapi sebagai salah satu bahan masakan (Gambar 4).

Secara umum, syarat-syarat tipe ternak potong yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal antara lain:

  • Bentuk tubuh padat, dalam dan lebar
  • Kaki pendek
  • Badan seluruhnya penuh berisi
  • Kepala pendek dan lebar pada bagian dahi
  • Leher dan bahu tebal
  • Punggung dan pinggang lebar
  • Kemudi lebar
  • Dada lebar dan dalam
  • Jaringa lemak di bawah kulit tebal (dapat diketahui dengan meraba dan melipat kulit pada bagian kiri pangkal ekor, lipat paha dekat tuber coxae, dinding dada, dada bagian bawah atau di muka sendi bahu)
  • Dari samping bentuk tubuhnya segi empat dan dalam

 

Catatan: tulisan merupakan bagian dari buku Ajar Tilik Ternak  (Pattiselanno, F. & P. Sambodo (2005). Buku Ajar Ilmu Ternak. Jurusan Produksi Ternak Fakultas Peternakan Perikanan & Ilmu Kelautan Universitas Negeri Papua, Manokwari

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Comments

  • jual daging sapi lokal dan import  On December 12, 2013 at 2:39 am

    good day! , Everyone loves ones publishing really a lot! proportion we all keep up a correspondence further close to your article for AOL? I personally demand a specialist with this residence to uncover the dilemma. Might be that is people! Getting excited about fellow you actually.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: