Koneksi itu ternyata penting…!!!!


This slideshow requires JavaScript.

Ketika saya melihat catatan berita bulanan di laman web saya…baru sadar ternyata sudah dua bulan laman tersebut belum diupdate. Artinya selama dua bulan saya lalai memperbaharui informasi di laman web tersebut. Tentunya bagi pengunjung yang sering mengunjungi web tersebut merasa informasi yang tersedia itu-itu saja…. tetapi bagi saya ini menunjukan keterbatasan saya untuk mengerjakan segala sesuatu sesuai dengan rencana.


Dengan kesibukan dan aktifitas saya, saya ternyata belum bisa tepat waktu melakukan update informasi web saya.  Padahal bagi orang yang memerlukan informasi sumber informasi itu penting. Hal ini terlihat dari data pengunjung di web tersebut yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu yang sekaligus memberikan gambaran bahwa jumlah pengunjung yang mengakses web tersebut butuh informasi yang terbaru.

Dalam kurun waktu dua bulan terakhir ini saya berada di pesisir Kepala Burung Papua untuk merampungkan pengumpulan data bagi penelitian saya. Tanpa terasa waktu saya lebih banyak dihabiskan untuk mengumpulkan data di lapangan sehingga update informasi web menjadi prioritas yang ke sekian.  Perjalanan ke lokasi penelitian dilakukan dengan meggunakan kendaraan roda 4, menyisir pantai dengan perahu motor dan terkadang juga harus berjalan kaki berkilo-kilo meter karena keterbatasan akses ke lokasi penelitian.

Sambil mengumpulkan data sebenanrnya ada informasi di laptop saya yang sewaktu-waktu bisa disalin ke laman web, tetapi sekali lagi terbatasnya “koneksi” ke aliran listrik dan internet menjadi kendala. Di desa-desa yang menjadi wilayah penelitian saya memang ditemukan tanda fasilitas internet kecamatan…tetapi ternyata baru tandanya saja yang disiapkan sedangkan sarana dan prasarana lainnya masih belum 100% siap untuk mengakses internet. Hal ini jugalah yang membuat maksud saya untuk mengupdate informasi sekali lagi belum bisa terrealisasi.

Ketika tulisan ini bisa dibaca artinya saya sudah punya “koneksi” untuk melakukan update informasi di laman web saya. Sayapun menyadari bahwa punya “koneksi” itu ternyata banyak manfaatnya, dan bagi saya berguna untuk bisa mengakses internet.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

