Kebutuhan dan rencana pengembangan program pelatihan di kampus


Yonathan Alberto1 Andre Wospakrik1 & Freddy Pattiselanno1,2
1Sub-divisi Peningkatan Sumberdaya – CoE Universitas Papua, Manokwari
2Fakultas Peternakan Universitas Papua, Manokwari

Kebutuhan pelatihan
Sub-divisi Peningkatan Sumberdaya berada dalam Divisi Pembangunan Berkelanjutan merupakan bagian dari LP2M UNIPA saat ini sedang menyusun daftar kebutuhan pelatihan bagi audiens kunci (peneliti pemula dan mahasiswa tingkat akhir) untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya di kampus.

images1Strategi peningkatan kapasitas sumberdaya melalui kegiatan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan audiens kunci di kampus diharapkan mampu meningkatkan kemampuan peneliti dalam mendapatkan dana penelitian sampai dengan publikasi dan komunikasi hasil penelitian yang diperoleh.  Pelatihan juga memainkan peranan penting dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sumberdaya manusia yang ada. Peningkatan kompetensi tenaga peneliti diharapkan akan mampu meningkatkan jumlah penelitian yang dilakukan tetapi juga ikut meningkatkan kualitas penelitian. Pelaksanaan penelitian yang baik tidak lepas dari ketrampilan peneliti sejak penyusunan proposal penelitian sampai dengan analisa data, penulisan sampai dengan mempublikasikan dan mengkomunikasikan hasil penelitian yang diperoleh.

images2Oleh karena itu kajian terhadap kebutuhan pelatihan perlu dilakukan agar diperoleh daftar kegiatan pelatihan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan audiens kuncinya. Selanjutnya pengembangan dari kegiatan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan khususnya mekanisme pelatihan yang memenuhi syarat akan sangat membantu daya serap materi pelatihan oleh audiens kunci.

 

Pelaksanaan
Pada minggu terakhir Agustus 2015 sebanyak 250 kuisioner telah disebar ke 25 program studi jenjang strata satu (S1), masing-masing program studi mendapat 10 eksemplar kuisioner.

Minggu 1 dan 2 September 2015 kuisioner yang disebarkan dikumpulkan kemudian hasil yang diperoleh diinput untuk selanjutnya dianalisa pada minggu ke-4 September. Awal Oktober 2015 hasil analisa yang diperoleh digunakan untuk menyusun kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan audiens.

Hasil
Dari 250 kuisioner yang disebarkan, respons yang diperoleh melalui pengembalian kuisioner yaitu sebesar 33,6 persen.

Penyusunan Proposal
Berdasarkan aspek yang diperlukan dalam penyusunan proposal, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut:

images5Rata-rata kemampuan pribadi responden berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan dalam penyusunan proposal sudah baik (lebih dari 45% responden) untuk setiap kompetensi yang dinilai. Penerapan teknik analisa yang sesuai untuk menjelaskan hipotesa dan karakteristik data baru dimengerti dengan baik oleh 40% responden dan interpretasi hasil analisa berdasarkan landasan teori dan pengertian konteks lokal baru dimengerti dengan baik oleh 41% responden.

Persentase responden yang memiliki pemahaman kurang baik terhadap masing-masing kompetensi yang dinilai berkisar antara 31-37%. Ada 39% responden memiliki pemahaman yang kurang baik terhadap penerapan teknik analisa yang sesuai untuk menjelaskan hipotesa dan karakteristik data dan interpretasi hasil analisa berdasarkan landasan teori dan pengertian konteks lokal.

images3Sebanyak 40% responden mengakui kurang baik dalam mengidentifikasi dan mengembangkan metodologi yang dapat menyediakan indikator yang sesuai dan relevan serta yang terukur dan dapat digunakan peneliti lainnya. Sedangkan 41% responden masih kurang baik dalam melakukan kritikal review dari teori terkini, konsep dan studi empiris dalam mengevaluasi kontribusinya terhadap literature ilmiah serta relevansinya terhadap konteks lokal.

Publikasi hasil penelitian
Semua kompetensi yang diperlukan dalam mempublikasikan hasil penelitian sudah dimengerti dengan baik oleh sebagian besar responden. Namun demikian ada 3 (tiga) kompetensi yaitu (1) pembuatan abstrak, (2) penentuan kata kunci dan (3) prioritas referensi terkini dari jurnal merupakan kompetensi yang masih perlu mendapat perhatian guna meningkatkan kemampuan responden dalam mempersiapkan naskah untuk publikasi.

Ketiga kompetensi ini tergolong masih kurang baik dipahami oleh responden dengan persentase masing-masing 45%, 47% dan 42%.

Komunikasi hasil penelitian
Hampir sebagian besar responden mengakui telah memiliki pemahaman yang baik terhadap setiap kompetensi yang dibutuhkan dalam melakukan mengkomunikasikan hasil penelitian mereka.

Tiga kompetensi yang diperlukan dalam mengekstraksi hasil penelitian masing-masing (1) Penentuan bagian dari penelitian untuk dikomunikasikan dalam web atau koran, (2) Pemilihan topik yang relevan dengan isu terkini dan (3) Pemilihan sasaran dari komunikasi diakui masih perlu mendapat perhatian guna meningkatkan kemampuan responden dalam mengkomunikasikan hasil penelitian.

Persentase responden yang memiliki pemahaman yang baik dan kurang baik terhadap kompetensi (1) dan (2) tidak jauh berbeda yaitu masing-masing 40% untuk kompetensi (1) dan 42% banding 41% untuk kompetensi (2). Persentase responden dengan pemahaman yang kurang baik dalam menentukan bagian dari penelitian untuk dikomunikasikan dalam web atau koran – kompetensi (3), bahkan lebih tinggi (49%) dibanding 35% yang memiliki pemahaman yang baik.

Kesimpulan
Secara umum ternyata bahwa semua kegiatan yang diusulkan antara lain (1) pembuatan proposal penelitian, (2) publikasi hasil penelitian dan (3) komunikasi hasil penelitian perlu menjadi prioritas kebutuhan pelatihan bagi peneliti pemula dan mahasiswa tingkat akhir di lingkungan UNIPA  dengan penekanan khusus pada kompetensi tertentu.

Perlu ada perhatian khusus terhadap kompetensi yang dibutuhkan guna menunjang masing-masing kegiatan pelatihan yang diusulkan.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: