Kenyangkan dan puaskan dahaga jiwamu pada Paskah kali ini.


Pembacaan Alkitab: Lukas 22: 14-23

Setiap kita memperingati Paskah yang selalu terbayang dalah ketika anak sekolah minggu mencari telur paskah. Paskah bukan saja memperingati kemenangan bagi semua orang percaya tetapi juga mau menunjukan kepada kita bahwa kemenangan itu diperoleh dengan cara menyerahkan tubuh dan darah Yesus sebagai korban untuk membayar lunas semua dosa kita.

Sebelum mencapai titik kulminasi pada Paskah kita selalu memperingati masa sengsara, Waktu dimana Tuhan Yesus mempersiapkan diri menuju kematian di kayu salib. Setiap memperingati Paskah kita akan memperingati kematian Yesus melalui makan roti dan minum anggur pada perayaan Perjamuan Kudus.

Lukas 22: 14-23 menceritakan dengan jelas kepada kita kerinduan Yesus untuk makan perjamuan bersama dengan murid-muridNya. Makan perjamuan sebelum kematian Yesus merupakan perjamuan terakhir Tuhan bersama murid-murid di dunia. Ketika Dia mati, dibangkitkan untuk kemudian naik ke surga. Bagian firman ini mau menekankan bahwa Perjamuan Kudus yang sebenarnya akan terjadi bersama Yesus ketika Kerajaan Allah datang kembali ke dunia.

Roti hidup

Akulah Roti Hidup

Akulah Roti Hidup

Yohanes 6: 35, Yesus berkata “Akulah roti hidup, barangsiapa datang kepadaKu ia tidak akan lapar lagi. Hal ini memberikan pengertian kepada kita bahwa Tuhan Yesus menyerahkan tubuhnya sebagai roti supaya semua orang percaya dihidupkan. Oleh karena itu ketika kita makan perjamuan, kita selalu mengingat pengorbanan tubuh Kristus untuk menebus dosa kita.

Makanlah makanan yang kekal

Makanlah makanan yang kekal

Selanjutnya pada Yohanes 5: 27, dikatakan bahwa “bekerjalah untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal”. Dalam kehidupan sehari-sehari kita saat ini kita memerlukan makanan jasmani untuk untuk mengenyangkan tubuh kita. Tetapi Yesus mau kita sebagai orang percaya terus makan dari tubuhNya (pada saat ini) karena makanan itu merupakan jaminan bagi kehidupan kekal.

Bagaimana caranya kita makan dari tubuh Kristus? Apakah hanya dapat dilakukan pada saat kita makan perjamuan saja yang notabene hanya dilakukan 3 atau 4 kali dalam setahun? Bagaimana dengan waktu lainnya, apakah kita tidak dapat makan dari Tubuh Kristus? Yohanes 1:1, “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah”. Dengan demikian kita dapat makan dari tubuh Kristus kapan saja, ketika kita membaca Firman Tuhan dan yang paling penting ketika kita melakukan firman itu dalam kehidupan kita sehari-hari.

Air hidup

Hasulah akan air yang diberikan Tuhan

Hasulah akan air yang diberikan Tuhan

Yesus adalah air hidup, dan setiap orang yang minum dari padanya tidak akan haus lagi. Yohanes 4: 13-14, barangsiapa minum air yang Kuberikan kepadanya ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Lebih lanjut Tuhan katakan bahwa barang siapa yang minum air yang Tuhan berikan dia akan menjadi mata air yang terus memancar sampai pada kehidupan yang kekal.

Puskan dahaga jiwamu

Puskan dahaga jiwamu

Pada saat makan perjamuan kita juga minum anggur yang melambangkan darah Kristus. Minum anggur pada setiap Perjamuan Kudus, mengingatkan kita bahwa darah Kristus sudah ditumpahkan bagi kita. Dengan demikian minum anggur mau mengingatkan kita bahwa darah Yesus sudah membasuh, membersihkan dan menyembuhkan dosa-dosa kita.

Hubungan air dan anggur dapat kita lihat dalam Yohanes 2: 1-11, ketika Yesus mengubah air menjadi anggur dalam perkawinan di Kana. Oleh karena itu, minum anggur dalam Perjamuan Kudus juga memberikan pengertian bahwa kita juga minum langsung dari hasil pokok anggur yang benar. Yohanes 15:8 menyaksikan bahwa Yesus adalah pokok anggur yang benar. Jika kita minum dari sumber atau dari pokok yang benar maka kita tidak akan haus lagi tetapi kita juga menjadi mata air yang terus memancar sampai kehidupan yang kekal.

Apakah jiwa kita lapar dan dahaga?
Perayaan Paskah 2016 ini seyogianya merupakan momen yang tepat bagi orang percaya untuk mempersiapkan diri menuju kehidupan yang kekal. Mengapa? Karena ketika kita memperingati Paskah 2016 ini juga kita akan makan dan minum dari tubuh dan darah Kristus. Ketika kita makan roti dan minum anggur kita akan selalu mengingat pengorbanan Kristus bagi kita semua. Makan dan minum dalam Perjamuan Kudus juga sekaligus mempersiapkan setiap orang percaya bahwa mereka akan dikenyangkan dan dipuaskan sehingga mereka juga boleh menjadi sumber berkat bagi orang lain. Kenyangkan dan puaskan dahagamu pada Paskah 2016 maka kamu akan menjadi sumber berkat bagi sesamamu. Tuhan Yesus memberkati!

Catatan: Gambar diunduh dari web yang relevan

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: