EURO 2016 &“PERTANDINGAN IMAN”


Pembacaan Alkitab: 1 Korintus 9: 24-26

Portugal Juara Euro 2016

Portugal Juara Euro 2016

Kita baru saja menyaksikan even berkelas dunia “Euro 2016” atau Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2016. Kejuaraan ini diselenggarakan di Perancis, dimulai tanggal 10 Juni dan diakhiri 10 Juli 2016 lalu. Ada 24 negara yang dibagi dalam 6 group yang berbeda berkompetisi memperebutkan juara Eropa 2016. Pada akhirnya di laga final, Portugal keluar sebagai juara Eropa yang baru setelah mengalahkan tuan rumah Perancis dengan angka 1-0.

Konteks pembacaan Alkitab:

Bagian pembacaan Alkitab 1 Korintus 9: 24-26 menggambarkan suasana pertandingan, dimana para peserta berkompetisi untuk mendapatkan gelar juara. Tidak jauh berbeda dengan kejuaraan sepak bola Eropa 2016 yang baru saja kita semua saksikan.

Hanya saja konteks pembacaan Alkitab ini menyoroti suatu pertandingan yang khusus yaitu “pertandingan iman” untuk memperoleh mahkota kemenangan yang abadi. Mengapa orang Kristen harus terlibat dalam pertandingan iman?

Dalam Ibrani 12:1 bagian terakhir “dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita). Ayat ini mau menjelaskan kepada kita bahwa bagi orang Kristen pertandingan iman itu adalah suatu kewajiban. Artinya sesuatu yang harus kita lakukan. Bandingkan dengan hal yang harus kita lakukan sebagai satu kewajiban (misalnya, mahasiswa wajib untuk belajar supaya bisa lulus).

Penjelasan ayat demi ayat

Ayat 24: Hanya satu pemenang yang mendapat hadiah
Dalam pertandingan, pemenang akan memperoleh tropi atau piala, tetapi piala itu selalu diperebutkan kembali, pada pertandingan berikutnya. Artinya hadiah yang diperoleh “tidak kekal.”

Jaminan keselamatan

Jaminan keselamatan

Baca 1 Timotius 6: 12(bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal). Bandingkan Filipi 3: 14 (dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus)

Referensi yang diberikan Alkitab yaitu dalam pertandingan iman, pemenangnya akan memperoleh hidup yang kekal, atau panggilan sorgawi dari Allah. Jika kita bandingkan, maka perbedaan utama antara pertandingan di dunia dengan pertandingan iman yaitu pada hadiah atau piala yang diperoleh.

Ayat 25: Menguasai dirinya dalam segala hal, mengapa?

Pemberian kartu merah

Pemberian kartu merah

Dalam gelanggang pertandingan ada aturan main yang harus ditaati. Selain itu juga diperlukan strategi, Teknik, stamina yang baik supaya peserta bisa bertanding dengan baik. Misalnya saja, pesepak bola dengan akumulasi kartu kuning tertentu tidak bisa bermain di pertandingan berikutnya. Atau pemain yang terkena kartu merah tidak bisa bermain sampai pertandingan berakhir. Karena itu penguasaan diri adalah hal yang mutlak diperhatikan.

Dalam Alkitab juga dijelaskan hal yang sama; baca 2 Timotius 2: 5 (seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara apabila ia bertanding menurut peraturan2 olahraga). Dalam konteks Alkitab, peraturan yang dimaksud adalah semua perintah dan larangan yang ada di dalam Alkitab.

Ayat 26 (berlari tanpa tujuan dan petinju yang sembarang memukul)
Dalam suatu pertandingan, dibutuhkan stamina yang baik, teknik yang jitu dan persiapan yang matang dalam menghadapi lawan. Stamina yang buruk, strategi yang salah dan persiapan yang kurang matang akan menghambat usaha kita meraih juara.

Saat beribadah

Saat beribadah

Dalam pertandingan iman, strategi dan cara terbaik untuk mempersiapkan stamina kita adalah melalui kegiatan peribadatan. Alkitab dengan tegas menyatakan dalam 1 Timotius 4: 8 (latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Ibadah bukan hanya merupakan jalinan hubungan kita dengan Tuhan, tetapi ada janji untuk kehidupan di zaman yang akan datang. Karena itu Yosua dengan tegas menyatakan komitmennya dengan anggota keluarganya untuk tetap setia beribadah kepada Tuhan (baca Yosua 24: 15; Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!)

Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
Orang Kristen, pengikut Yesus atau orang percaya tidak dapat menghindar dari “kewajiban” untuk ikut dalam pertandingan iman

Dalam pertandingan iman kita sebagai orang percaya adalah satu-satunya pemenang untuk mendapatkan kehidupan yang kekal

Alkitab adalah peraturan yang mengikat orang percaya dalam pertandingan iman, karena lawan kita adalah roh jahat dan penghulu dunia

Kita membutuhkan latihan rohani melalui ibadah yang selalu harus dilakukan supaya kita punya kekuatan yang baik, strategi yang jitu dalam persekutuan secara rutin dan teratur

Catatan: Gambar diunduh dari web yang relevan

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: