Kemerdekaan Kristen


Freddy Pattiselanno (Urusan Pembinaan Jemaat GKI Petrus Amban, Manokwari)

Pembacaan Alkitab: Galatia 5: 1-15

Apa itu Kemerdekaan?

Waktu masih sekolah dulu, pada hari terakhir ujian atau ulangan, saya dan teman-teman bersorak kegirangan dan meneriakkan kata “merdeka”, artinya mereka bebas dari tekanan karena harus belajar ekstra keras. Masa perjuangan dulu para pahlawan sering meneriakan yel-yel pembangkit semangat “merdeka atau mati.”

Jika kita baca dalam KBBI-Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka kata merdeka artinya bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); tidak terkena atau lepas dari tuntutan (misalnya hukuman penjara); atau tidak terikat, tidak tergantung kepada pihak atau orang tertentu; leluasa.

Kemerdekaan Kristen

Bagian pembacaan Alkitab dalam Galatia 5: 1-15, berbicara tentang kemerdekaan Kristen. Apakah memang selama ini orang Kristen berada dalam penjajahan? Atau orang Krsiten terikat dengan sesuatu yang membuat dia tidak berdaya?

Bebas dari belenggu dosa

Beberapa waktu yang lalu, kita umat Kristen, baru saja merayakan Paskah-Kebangkitan Tuhan Yesus, kemenangan atas maut. Merayakan Paskah bukan hanya suatu upacara seremonial merayakan kebangkitan Yesus dari antara orang mati, tetapi perayaan Paskah juga merupakan suatu momen penting, dimana status kita yang tadinya adalah orang berdosa, diubahkan menjadi orang benar. Kita yang tadinya adalah hamba dosa, mendapat status baru menjadi hamba Allah. Penyaliban dan kematian Yesus, sekaligus menyalibkan semua dosa kita dan kebangkitanNya juga melahirkan kita sebagai orang benar (bandingkan percakapan Nikodemus dan Yesus-Yohanes 3: 1-17).

Secara detil, pembacaan ini mau menjelaskan kepada kita apa arti kemerdekaan Kristen.

Pasal 5: 1-2; Hal kemerdekaan Kristen; tiga hal penting yang tersirat dalam ayat ini adalah

Merdeka di dalam Tuhan

1. Kemerdekaan Kristen hanya terjadi oleh Kristus. Sebagai contoh misalnya  bangsa Indonesia harus berjuang sendiri untuk bebas dari penjajahan. Dalam konteks kemerdekaan Kristen, Yesus berjuang, menderita, disalibkan dan mati untuk kemerdekaan kita. Efesus 2: 8-9 dengan jelas menyaksikan “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu jangan ada orang yang memegahkan diri.

2. Kita bukan lagi hamba dosa, kita ditebus dari segala dosa kita. Yohanes 5: 14 Engkau telah sembuh, jangan berbuat dosa lagi, supaya kepadamu jangan terjadi yang lebih buruk. Secara khusus bagian ini mau menegaskan bahwa karena Krsitus kita sudah disembuhkan dari segala dosa kita, dan yang perlu diingat jangan lagi berbuat dosa.

3. Kita menjadi hamba Allah. Bandingkan Yesaya 42: 1; “Lihat itu hambaKu yang Kupegang, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.”  Ditegaskan kepada kita yang sekarang adalah hamba Allah, bahwa kita diperkenankan Tuhan, dan telah dibekali dengan Roh untuk menyatakan kebenaran kepada orang lain.

Hanya oleh Iman

Pasal 5: 3-6; Kemerdekaan yang kita miliki hanya oleh iman. Dalam hal ini maka sebagai orang Kristen merdeka, kita harus menyangkal diri, memikul salib dan mengikut Tuhan (Matius 16: 24). Jika direnungkan dengan baik, maka akan dimengerti bahwa sebagai orang merdeka, kita harus percaya kepadaNya yang sudah membebaskan dan memerdekakan kita. Menyangkal diri dan memikul salib adalah bagian yang harus kita terima untuk tetap menjaga kemerdekaan kita. Oleh karena itu kemerdekaan bukan berarti bersenang-senang, berpesta pora, bebas untuk melakukan apa saja, tetapi kemerdekaan Kristen juga berarti bersedia ikut menderita untuk Dia yang telah mengaruniakan kita kemerdekaan tersebut (bandingkan Filipi 1: 29).

Pasal 5: 7-12; Penyesatan terhadap orang Krsiten Merdeka. “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu” (Matius 24: 4). Yang dimaksudkan di sini adalah, bahwa iblis tidak tinggal diam, dan selalu berusaha menjauhkan kita dari kasih Alah (Roma 8: 38-39). Iblis senang jika kita terlepas dari kemerdekaan Kristen dan kembali menjadi hamba dosa. Dan dalam kehidupan Kristen modern saat, ada banyak kuasa iblis yang tidak kelihatan tetapi berpengaruh sangat kuat untuk menjauhkan kita dari persekutuan dengan Allah.

Kasihilah sesamamu manusia

Dalam Efesus 6: 12 ditegaskan bawha perjuangan orang Kristen bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Dan oleh karena itu dalam mempertahankan kemerdekaan, orang Kristen haruslah mempersenjatai diri dengan Perlengkapan Rohani (lihat Efesus 6: 10-20).

Pasal 5: 13-15; Menjaga kemerdekaan Krsiten. Kata kunci dalam bagian ini adalah “melayani orang lain dengan kasih.” Dan semuanya sudah tercakup dalam satu firman, “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (Galatia 5: 14). Dasar dari hidup di dalam kemerdekaan Kristen adalah mengasihi sesama dan melayani sesama karena Tuhan telah terlebih dahulu mengasihi kita.

Apa selanjutnya?

Dalam kehidupan kita saat ini, ada banyak tantangan yang kita hadapi dalam mempertahankan kemerdekaan Kristen. Yang perlu diingat bahwa, kemerdekaan yang kita peroleh adalah cuma-cuma. Mempersenjatai kehidupan kita dengan Perlengkapan Rohani adalah hal mutlak yang tidak dapat ditawar supaya kita dimampukanNya untuk tetap hidup dalam persekutuan dengan Dia. Berjaga dan berdoa (Matius 26: 41); Membaca Firman Tuhan (Yohanes 1: 1); giat dalam pekerjaan Tuhan (1 Korintus 15:8); beribadah kepadaNya (1 Timotius 4: 8) akan terus memberikan kemampuan dan kekuatan kepada kita untuk tetap hidup di dalam Kemerdekaan Kristen. Tuhan memberkati kita dengan FirmanNya.

Catatan: Gambar diunduh dari web yang relevan

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: